Minggu, 08 Desember 2019

APD : Beberapa jenis Pelindung Kepala (Safety Helmet) di Tempat Kerja



Semasing Alat Pelindung Diri (APD) mempunyai fungisnya semasing. Dalam soal ini kita akan mengulas type alat pelindung diri untuk sisi kepala. Arah dari pelindung kepala membuat perlindungan kepala dari bentrokan, keruntuhan benda dari atas kepala atau benda keras yang melayang-layang serta melaju di udara, terkena oleh radiasi panas, percikkan api serta bahaya-bahaya yang lain yang kemungkinan bisa membahayakan ruang kepala. Untuk beberapa macam pelindung kepala ditujukkan membuat perlindungan rambut-rambut pekerja supaya tidak terjerah oleh mesin-mesin yang berputar-putar. sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Biasanya type pelindung kepala yakni helm pengaman, topi, tudung kepala, pengaman rambut dan lain-lain.

Pelindung Kepala
Safety Helmet

1. Safety Helmet
Safety helmet sendiri mempunyai empat type yakni Hard Hat kelas A, kelas B, Kelas C serta Bump cap. Sisi dalam topi pengaman ini biasanya ada hammock/ cradle yang berperan untuk menyerap keringat. Untuk beberapa keadaan seperti pekerja yang memerlukan penerangan seperti pekerja diterowongan atau tambang, safety helmetnya diperlengkapi dengan lampu penerangan pada bagian depannya.

Berdasar ANSI/ISEA Z89.1-2014 Safety Helmet dibagi jadi bagian-bagian yakni seperti berikut:
Type 1 : Type 1 adalah safety helmet yang dipakai membuat perlindungan kepala dari bahaya yang datang dari arah atas contohnya keruntuhan benda.
Type 2 : Type 2 adalah safety helmet yang dipakai membuat perlindungan kepala dari bahaya yang berasal baik dari arah atas atau samping.
Tidak hanya ke-2 type di atas, berdasar ANSI/ISEA Z89.1-2014 Safety Helmet digolongkan jadi tiga yakni:
Kelas G : Adalah type safety helmet yang direncanakan membuat perlindungan kepala dari benda yang jatuh serta membuat perlindungan arus listrik sampai 2.200 volt

Kelas E : Adalah type safety helmet yang direncanakan membuat perlindungan kepala dari benda yang jatuh serta membuat perlindungan arus listrik sampai 20.000 volt

Kelas C: Adalah type safety helmet yang direncanakan membuat perlindungan kepala dari benda yang jatuh tetapi untuk tidak surprise listrik atau bahan korosif.

Class Helm
Bum Cap : Pelindung kepala ini dibuat dari plastik hingga cuma dipakai membuat perlindungan bentrokan dari benda yang mencolok. Bump cap tidak pas membuat perlindungan pada dari benda yang jatuh atau dapat disebutkan tidak bisa gantikan peranan hard hat kelas G, E serta C.

Kita harus juga memerhatikan pertanda yang ada di helm. Dari beberapa sinyal berikut ini dapat tunjukkan jika semasing helm mempunyai peruntukkan yang berlainan juga.

LT : Dipakai untuk Suhu Bawah (sampai -30 C atau -22 F)
HT : Dipakai untuk Suhu Tinggi
HV : Dipakai Visibilitas Tinggi (Lebih dari 140 F)

2. Hood
Bila bahaya-bahaya yang ada di tempat kerja kamu ialah berbentuk bahan kimia, api, serta panas radiasi yang tinggi, karena itu tipe Hood ialah yang paling pas. Pelindung kepala ini umumnya dibuat berbahan asbes, kulit, wool, katun yang dicammpuri aluminium dan sebagainya. Hingga bahan ini akan padat serta tidak ada sela lubangnya.

3. Hair Cap
Di perusahaan farmasi, atau perusahaan-perusahaan yang benar-benar critical dengan kontiminasi pada produknya. Umumnya memakai hair cap membuat perlindungan rambut pekerjanya. Tidak hanya membuat perlindungan produk mereka, hair cup digunakan membuat perlindungan kepala dari debu atau bahaya terjeratnya rambut pada mesin-mesin berputar-putar. Dengan memakai hair cap, biasanya rambut semakin lebih rapi sebab ada di dalam hair cap itu.
Dalam memakai safety helmet harus juga memerhatikan ukuran supaya sesuai ukuran kepala. Safety helmet yang begitu besar atau begitu kecil tidak sesuai dengan untuk dipakai, walau dalam soal keselamatan penuhi kriteria yang sudah diputuskan. Beberapa safety helmet diperlengkapi dengan beberapa aksesori seperti slot untuk penutup telinga, kacamata pengaman,, pelindung muka serta lampu terpasang.

Pembersihan serta peninjauan dengan periodik penting dikerjakan untuk pastikan keadaan safety helmet dalam keadaan baik Penyimpanan yang salah bisa menyebabkan safety helmet alami kerusakaan yang bertambah cepat. Contohnya penyimpanan diarea yang bawah cahaya matahari langsung. Sebab panas yang ekstrim dalam tempo yang lama bisa merusaknya.

Tiap safety helmet yang sesuai kriteria ANSI Z89.1-2014 harus diikuti dengan pas untuk mengonfirmasi kepatuhannya. Info harus diikuti di safety helmet yakni:

Nama pabrikan atau sinyal pengenal
Tanggal produksi
Legenda, “ANSI Z89.1-2014”
Pemilihan Type serta Kelas
Rata-rata ukuran kepala prediksi

Warna Helm Safety
Untuk warna helm safety sebetulnya tidak ada standard baku yang diputuskan. Ini adalah bentuk improvement dari tempat kerja semasing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar